bismillahirrahmanirrahim

Seorang fans pasti sangat mudah membayangkan idolanya kapan saja. Begitupun sebagai seorang muslim, wajar jika kita berusaha membayangkan idola kita, Rasulullah Muhammad SAW. Untungnya, walaupun tidak ada referensi foto atau gambar beliau (karena memang tidak diperkenankan), banyak para sahabat Rasulullah SAW yang telah menyampaikan ciri fisik beliau dalam hadits-hadits.

Ciri fisik Rasulullah Muhammad SAW yang disebutkan para sahabat tersebut, antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Berpostur tubuh sedang dan tegap;
  2. Tinggi tubuh sedang, tidak tinggi dan tidak pendek;
  3. Warna kulitnya sedang dan cerah, tidak terlalu putih dan tidak terlalu hitam;
  4. Sendi-sendi tulang beliau kuat;
  5. Bentuk kepala beliau agak besar dan kuat;
  6. Rambutnya tidak keriting, namun juga tidak lurus. Agak berombak;
  7. Rambutnya cukup tebal, panjangnya sampai batas telinga;
  8. Memiliki dahi yang lebar;
  9. Wajah beliau bercahaya;
  10. Alis mata melengkung dan tebal. Diantara alisnya nampak urat darah halus yang berdenyut bila beliau emosi atau bergairah;
  11. Warna mata hitam dan bulu mata yang panjang. Terlihat garis-garis merahnya;
  12. Hidung beliau agak melengkung dan mengkilap jika terkena cahaya serta tampak agak menonjol jika kita pertama kali melihatnya, padahal tidak demikian sebenarnya;
  13. Mulut beliau sedang, agak lebar;
  14. Gigi beliau putih cemerlang dan agak renggang;
  15. Memiliki jenggot hitam dengan uban putih. Jenggotnya tipis tapi penuh rata sampai di pipi;
  16. Bahunya bidang (lebar) dan kokoh;
  17. Memiliki dada, tangan dan kaki yang kekar;
  18. Pergelangan tangan beliau cukup panjang;
  19. Jari jemari tangan dan kaki beliau tebal dan lentik memanjang;
  20. Telapak tangan dan kaki beliau agak lebar dan padat berisi;
  21. Daerah di sekitar tulang belikat beliau cukup lebar, dan terlihat proporsional;
  22. Memiliki tanda kenabian di antara tulang belikat;
  23. Dada dan pinggang beliau seimbang ukurannya;
  24. Lengan dan dada bagian atas beliau berbulu;
  25. Terdapat bulu-bulu halus tumbuh di dada beliau dan terus kebawah hingga pusar;
  26. Bagian-bagian tubuh beliau yang tidak tertutup bulu lebat satupun nampak bersih dan bercahaya;
  27. Tumit beliau langsing;
  28. Telapak kaki beliau cukup lengkungannya dan atasnya halus serta bagus bentuknya.

alhamdulillahirabbilalaminReferensi:

  1. Ali bin Abi Thalib, ia berkata, “Rasulullah memiliki jari jemari tangan dan kaki yang tebal dan lentik memanjang.” (HR. Ahmad, Al-Mizzi dalam Tandzib Al-Kamal, dan Ibnu Sa’ad)
  2. Dikisahkan oleh Ismail bin Abi Khalid, “Aku mendengar Abu Juhaifa berkata, “Aku melihat sang Nabi dan Al-Hasan bin Ali tampak mirip dia. “Aku berkata pada Abu Juhaifa, “Coba gambarkan sosok nabi padaku.” Dia berkata, “Dia berkulit putih dan jenggotnya hitam dengan uban putih. Dia berjanji membei kami 13 ekor unta betina, tapu dia terlanjur mati terlebih dahulu sebelum kami menerimanya.” Hadits riwayat Imam Bukhari, vol.IV no.744
  3. Anas bin Malik meriwayatkan: “Rasulullah saw. bertubuh sedang, bercorak kulit cerah, tidak putih sekali namun tidak pula hitam benar. Rambut beliau dapat dikatakan lurus dan agak berombak. Allah Ta’ala mengangkat beliau sebagai Nabi ketika berusia empat puluh tahun. Sesudah itu beliau sempat tinggal di Mekah selama tiga belas tahun. Lalu di Madinah selama sepuluh tahun. Allah memanggil beliau ke hadirat-Nya pada umur enam puluh tiga tahun. Saat itu baru sedikit saja uban yang tumbuh di rambut dan janggut beliau.” (Diriwayatkan oleh Anas bin Malik)
  4. Anas bin Malik meriwayatkan: “Rasulullah (saw) tingginya sedang; tidak tinggi benar maupun pendek; beliau tegap. Rambut beliau tidak keriting namun tidak pula lurus sama sekali. Warna kulit beliau sedang, tapi cerah. beliau berjalan dengan gesit. Melangkah dengan tubuh sedikit condong ke depan.” (Diriwayatkan oleh Anas bin Malik).
  5. Bara’a bin Aazib (ra) meriwayatkan: “Rasulullah (saw) tingginya sedang, dengan tulang belikat (pundak) yang bidang. Rambut beliau cukup tebal, panjangnya sampai batas telinga. Saya belum pernah melihat sesuatu yang lebih menarik dari beliau. (Hadits Bara’a bin Aazib)
  6. Ali bin Abi Thalib (ra) meriwayatkan: “Rasulullah (saw) tidaklah tinggi; juga tidak pendek. Telapak tangan dan kaki beliau padat berisi. Beliau memiliki kepala yang agak besar dan kuat. Bulu-bulu halus tumbuh di dada beliau dan terus kebawah sampai pusar. Jika beliau berjalan, melangkahnya seolah-olah seperti turun (meloncat) dari suatu ketinggian. Saya belum pernah melihat beliau diantara sahabat-sahabatnya, dan dari antara orang-orang yang datang sesudah (wafatnya) beliau. (Riwayat dari Ali bin Abi Thalib)
  7. Ali bin Abi Thalib (ra) juga meriwayatkan: Rambut Rasulullah lurus dan sedikit berombak. Beliau tidak berperawakan gemuk dan tidak pula tampak terlalu berat, beliau berperawakan baik dan tegak. Warna kulit beliau cerah, mata beliau hitam dengan bulu mata yang panjang. Sendi-sendi tulang beliau kuat dan dada beliau cukup kekar, demikian pula tangan dan kaki beliau. Badan beliau tidak berbulu tebal, tapi hanya bulu-bulu tipis dari dada ke bawah sampai di pusar beliau. Jika beliau sedang berhadapan dengan seseorang, maka beliau akan mengarahkan wajah beliau ke orang tersebut (penuh perhatian). Diantara tulang belikat beliau “tanda” kenabian beliau. Beliau adalah orang yang paling baik hati, orang yang paling jujur, orang yang paling dirindukan dan sebaik-baik keturunan. Siapa saja yang mendekati beliau akan langsung merasa hormat dan khidmat. Dan siapa yang bergaul dengan beliau akan langsung menghargai dan mencintainya. Saya belum pernah melihat orang lain seperti beliau. (Riwayat dari Ali bin Abi Thalib).
  8. Hind bin Abi Halah (ra) menceritakan sebagai berikut: “Rasulullah (saw) memiliki pribadi mulia dan diakui sangat agung dalam pandangan orang yang melihatnya. Wajah beliau bercahaya seterang bulan purnama. Beliau sedikit lebih tinggi dari rata-rata kami tapi lebih pendek dari orang yang jangkung. Kepala beliau lebih besar dari rata-rata, dan rambut beliau agak keriting (berombak). Jika dapat dikuakan (dibelah), maka beliau kuakan, Jika tidak dapat maka beliau biarkan saja. Saat rambut beliau agak panjang, akan mencapai kuping telinga beliau. Kulit beliau berwarna cerah dan dahi beliau lebar. Alis mata beliau lengkung hitam dan tebal, diantara alisnya nampak urat darah halus yang berdenyut bila beliau emosi atau bergairah. Hidung beliau agak melengkung dan mengkilap jika terkena cahaya serta tampak agak menonjol jika kita pertama kali melihatnya, padahal tidak demikian sebenarnya. Beliau berjanggut tipis tapi penuh rata sampai di pipi. Mulut beliau sedang, gigi beliau putih cemerlang dan agak renggang. Pundak beliau bagus dan terpasang kokoh, seperti di cor dengan perak. Anggota tubuh beliau yang lain serba normal dan proporsional. Dada dan pinggang beliau seimbang ukurannya. Daerah di sekitar tulang belikat beliau cukup lebar, dan terpasang dengan baik. Bagian-bagian tubuh beliau yang tidak tertutup bulu lebat satupun nampak bersih dan bercahaya. Kecuali bulu-bulu halus yang tumbuh dari dada dan tumbuh sampai ke pusar. Lengan dan dada bagian atas beliau berbulu. Pergelangan tangan beliau cukup panjang, telapak tangan beliau agak lebar serta baik telapak tangan maupun kaki beliau padat berisi, jari-jari tangan dan kaki beliau cukup langsing. Telapak kaki beliau cukup lengkungannya dan atasnya halus serta bagus bentuknya, sehingga saat beliau mencucinya, maka air akan meluncur dengan cepat ke bawah. Jika beliau berjalan, beliau melangkah dengan posisi badan agak condong ke depan, tapi beliau melangkah dengan anggun. Langkah beliau panjang dan cepat serta terlihat seperti turun (loncat) dari suatu ketinggian. Jika beliau sedang berhadapan dengan seseorang, maka beliau memandang orang itu dengan penuh perhatian. Pandangan beliau selalu ditundukkan sesuai aturan (dalam Alquran), dan lebih sering melihat ke bawah dari pada ke atas. Beliau tidak pernah memelototi seseorang, pandangan mata beliau selalu menyejukkan. Beliau juga selalu berjalan agak di belakang, terutama saat melakukan perjalanan jauh dan beliau selalu lebih dulu menyapa orang yang ditemuinya di jalan.” (Hind bin Abi Halah (ra) telah diceritakan oleh Hasan bin Ali).
  9. Rasulullah (saw) memiliki mulut yang agak lebar, di mata beliau terlihat juga garis-garis merahnya. Dan tumit beliau langsing. Saya berkesempatan melihat Rasulullah (saw) di bawah sinar rembulan, san (saya) perhatikan pula rembulan tersebut, bagi saya beliau lebih indah dari rembulan tersebut.” (Diriwayatkan Jabir bin Samurah)
Segala yang benar di blog ini datang dari Allah SWT. Segala yang salah di blog ini datang dari penulis. Penulis tak lebih dari sekedar fans Rasulullah SAW yang tertatih-tatih mengikuti jejak langkahnya dan merintih memohon syafa'atnya kelak..

40 Responses to “Ciri Fisik Rasulullah SAW”

Comments (39) Pingbacks (1)
  1. i (L) Rasulullah Muhammad SAW

  2. mang boleh y mendeskripsikan Rasul tercinta..nanti bnyk org yg bikin ilustrasiny gmn??

    • Setahu saya, deskripsi yang dipaparkan di sini memang ada dalam hadits. Silakan Ibu baca buku Terjemah Hadits Mengenai Pribadi dan Budi Pekerti Rasulullah Saw karya Imam At-Tirmidzi terbitan Diponegoro. Semua yang ada di sini dipaparkan dalam buku tersebut lengkap dengan perawi dan sumbernya.

      Hemat saya, bagi seorang muslim deskripsi fisik Rasulullah tentu harus dipahami sebagai wujud “kerinduan hati” terhadap beliau. Bila diilustrasikan, jelas saya kira seorang muslim tak akan melakukan itu karena memang terlarang untuk menggambarkan/melukis fisik Rasulullahsaw. Lalu, jika dibuat ilustrasi oleh orang lain (non-muslim) jelas itu juga suatu kekeliruan yang harus kita luruskan.

      Jadi, saya kira apa yang dipaparkan dalam artikel ini tidak masalah, karena jelas sumbernya serta harus dipahami, sekali lagi, sebagai wujud kerinduan kita kepada Rasulullah saw.

      • Betul, tidak masalah mendeskripsikannya demikian; soal ilustrasi melalui media, ulama sudah membahasnya dalam bab ‘Sad al-Dzari`ah’_ untuk menutup segala kemungkinan baik yang positif atau negatif. 🙂

    • hehehe,, ibu sendiri penasaran ingin tau ciri2 Rasul SAW

      dijelaskan dalam hadist berarti tidak apa2.. (E)

  3. sempurna (Y)

  4. Subhanallah…. kapan aku bisa berjumpah dengan beliau aku yakin pasti Alalh akan mempertemukan aku dengan beliau meskipun hanya makam beliau amin….amin…amin ya robbal alamin

  5. Subhanallah, Saya merindukan bisa bertemu beliau… kerinduan ini sungguh benar2 berat. Ya Rasulullah

  6. Subhanalloh, sungguh sempurna Alloh swt menciptakan seorang pemimpin umat. Sungguh bahagia yang pernah bertemu dengan beliau. Ya Alloh bimbinglah hamba agar dapat berjumpa dengan Mu dan dengan Rosul Mu di surga Mu Amiin…

  7. Terima kasih…
    I (L) Prophet Muhammad too.

  8. Al-Salam. Ana cuma pengen dua penjelasan; kelihatannya pemilik web ini gak berjenggot ya? Kenapa?

  9. Namanya harum,,,
    mengharumkan sejarah…
    Fisiknya indah,,,
    menambah keelokan dunia…
    kepribadiannya membuat hati semakin merindukannya…
    اللهم صل على محمد وعلى اله

  10. sungguh gagah nya rsullulah
    pngen lah sprti rasullullah
    🙂

  11. Dada terasa sesak, menahan kerinduan yang terbendung terhadapmu Wahai Rasulullah…

  12. Ya Allah, Ya Robb.. Sampaikan salam dan rindu kami kepada kekasihMu yan g terkasih Rasulullah SAW

  13. Ya Allah, Ya Robb.. Sampaikan salam dan rindu kami kepada kekasihMu yan g terkasih Rasulullah SAW. Sungguh kami merindukan beliau, tentu dengan keagunganMU ya Robb

  14. Subhanalloh, begitu sempurna kekasih Allah. aku rindu bertemu beliau, aku rindu berziarah ke makam beliau. shollallohu ‘alaihi wa sallam

  15. td mimpi sy berasa ketemu rasulullah,
    pas disamain sm ciri fisikny ternyta bukan :-O
    saya belum beruntung ;-(

    • Subhanalloh ya Allah, setiap Menyebut Rasulmu Muhammad SAW dan Para Sahabatnya bergetar Hati ini. Rindu kami Padamu ya Rasul.

  16. ya untuk yang menghina Nabi Muhammad SAW.
    di dunia ini anda bisa menghina sesuka hati anda tp kelak di akhirat akan anda rasakan siksaan yang sangat pedih dan kekal.

    thx

  17. Pemimpin dan ulama Iran paling mirip dengan ciri-ciri fisik Rasulullah SAW yang telah disebutkan di atas, dibandingkan pemimpin dan ulama Arab jauh tidak mirip.

  18. subhanallah,,,tak ada kt2 yg aq dpt utarakn,,,aq mnusia bnyak slh,,,aq hny ingin brjumpa wlw dlm mimpi,,,, ;-( ;-(

  19. Allahuma sholi ala Muhammad.. Wa’ala ali Muhammad..

    Rindu kami padamu, ya, Rasul..
    Semoga kita termasuk umat yang dirindukan beliau.. Aamiin.. 😉

  20. Tadi Malam saya mimpi bertemu, dengan beliau..

    Warna kulitnya sedang dan cerah,
    tidak terlalu putih dan tidak terlalu hitam;
    Bentuk kepala beliau agak besar dan kuat;
    Rambutnya tidak keriting, namun juga tidak lurus. Agak berombak;
    Memiliki jenggot hitam dengan uban putih. Jenggotnya tipis tapi penuh rata sampai di pipi;

    dan bentuk muka yang saya temui Bundar oval bersih bercahaya, Bentuk kepala beliau agak besar dan kuat dan berjenggot dan dahi yang lebar, postur kelihatan besar dan terkesan pendek;
    Mungkinkah itu beliau
    Saya sempat mengucapkan salam dan beliau menjawabnya, kemudian saya berjabat tangan…
    lantas beliau pergi berjalan ke arah kananNya di pertigaan jalan

    Tapi masa iya, padahal aku sadar aku ini manusia yang penuh dosa dan maksiat,

    • InsyaAllah, benar..
      karena Rasul bersabda dalam hadisnya, yg intinya begini..

      kalo dlm mimpi bertemu Rasul, itu adalah benar Rasul, karena setan tdk dpt menyerupai Rasul.. cobak cari hadisnya di google

      Alangkah beruntungnya orang yg dlm mimpinya pernah bertemu Rasul,
      dan lebih beruntung lagi orang yg dapat meniru akhlaq Rasul.. 🙂
      Subhanallah..

  21. I love my prophet… (L)

  22. ya Alloh aku berharap kelak nanti aku bisa bertemu Rasulullah dan aku mencium keningnya dengan rasa cinta ku pada Rasulullah,. Amiin,..

  23. ada yang kurang Nich ! tubuhnya touch six pack gan. Hehehe

  24. Subhanallah… walhamdulillah….. puji syukur dan terimakasih yang mendalam.. ku panjatkan pada-Mu ya Alloh… karena beberapa tahun yang lalu, aku telah bermimpi bertemu Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Beliau begitu mempesona, suaranya lembut, wajahnya oval bersih dan bersinar, sorot matanya menyejukkan, bulu matanya indah, rambutnya tidak lurus dan tidak keriting, langkah kakinya anggun, tubuh Beliau tidak tinggi dan tidak pendek, dadanya bidang, badannya kekar proporsional. Ketika itu beliau memakai pakaian warna putih tulang, aku mengucapkan salam dan Beliau menjawabnya, kemudian aku katakan yaa.. Nabi… aku ingin mendengarkan ceramah Nabi, Beliau menjawab: ikuti jadwal pengajian yang ada. Kemudian Beliau berjalan menuju/menghampiri sahabat Beliau yang telah menunggu di pertigaan jalan, selanjutnya Beliau berlalu/berjalan bersama sahabat Beliau entah hendak kemana…..

    Ya..ALLAH.. Sholawat dan salam senantiasa aku tujukan kepada Rosululloh tercinta..Nabi Agung..Nabi Akhir Zaman, ya …Nabiku Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat dan pengikutnya sampai akhir zaman.

    Ya… ALLAH… Robb Yang Maha Kuasa Atas Segala Sesuatu…. hamba memohon ridho-Mu, bimbing dan berikanlah kemudahan jalan agar hamba kelak bisa bertemu dengan-Mu,juga Rosul-Mu tercinta…..Nabi Muhammad SAW. hamba rindu … dan mendambakan safaatnya di hari yang tiada naungan selain naungan dari-Mu….

    Ya… ALLAH … kabulkanlah doa hamba-Mu yang lemah dan tak berdaya ini.
    Amiin.. Amiin… Ya Robbal ‘Alamiin….

  25. sep…ketemu yuk..,bagi alamat lu donk..gw ngefens sama elu lho.gw kepinging darah lu gw jadiin untuk nyiram bunga yang bakal gw tamen di makan setelah gw gorok batang leher lu.

  26. YaAllah semakiin dalam rindu ini kepadanya, Rasulullah Muhammad SAW..
    pertemukanlah nanti kami dengan nya yaAllah,. (L) Nabi Muhammad SAW.

  27. indah sungguh perkongsian ini

  28. Wow, sahabat rasulullah sgt detail hafal ciri” beliau. Tp insya Allah org” tdk akan membayangkan bagaimana wujud asli rasulullah krna itu mmg tdk blh sih.. Tetapi di slh satu comment itu kok ada org yg menyebutkan ciri” rasulullah ttpi bhsnya tdk mengenakan ya, shrsnya klo dia blm tau jgn asal sebar dulu ga tkt apa Allah marah apalagi itu rasulullah nabi besar umat islam manusia paling menarik diantara yg lainnya…

  29. terlalu indah dibayangkan… aku rindu padamu… (L)

  30. Seandainya Rasulullah SAW masih ada (hidup)> pasti Beliau jd org paling sibuk …. krna bnyak umatnya yg pengen ketemu,,,, 🙂

    Sungguh keadilan Tuhan diatas segalanya..
    andai kata / umpama Nabi Muhammad SAW masih hidup,,, mungkin bnyak manusia yg lalai mengerjakan perintahNya karna terlalu sibuk pengen ketemu Beliau ( Rasulullah SAW) ________ dan yg lebih parah bisa jadi umatnya hampir berprilaku menyembah Nabi (Muhammad SAW) dari pada Tuhan nya ( Allah SWT)

    Allahumma Salli Ala Muhammad ___ Laa Hauwla Walla Kuwwata Illaa Billah.

  31. Bismillahirrohmanierrohiem,
    Salam ke atas baginda Muhammad saw semoga tercurah sampai umat akhir zaman
    Amin, Amin Yrb 🙂

  32. saya baru tau kalo seperti itu gambaran nya :-S (Y)

Leave a Reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

(required)

(required)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Powered by: Wordpress | IdWebHost.com |
FreeWebSubmission.com| | ASR Technology |
© 2010 cara-muhammad.com
| Home | Hubungi kami |
Suffusion theme by Sayontan Sinha