bismillahirrahmanirrahim

Al-Qur’an, sumber dari segala sumber hukum umat Islam. Panduan langsung dari Allah SWT untuk kita agar selamat di dunia dan di akhirat. Allah SWT menjanjikan pahala besar bagi yang membacanya, memahaminya, dan melaksanakannya. Adalah impian setiap muslim untuk bisa menghafalkan Al-Qur’an.

Secara umum, berikut adalah beberapa tips untuk dapat menghafal Al-Qur’an dari seorang hafiz juara lomba menghafal qur’an di tingkat nasional maupun internasional, Mudhawi Ma’arif (semoga Allah merahmati beliau):

Untuk memudahkan kita dalam menghafal, ada syarat-syarat yang harus kita pegang kuat-kuat, yaitu:

  1. Beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.
  2. Berniat mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan menjadi hamba-hamba pilihan-Nya yang menjaga Al-Qur’an
  3. Istiqomah (teguh hati).
  4. Menguasai bacaan al-qur’an dengan benar, baik tajwid maupun makharij setiap huruf.
  5. Adanya seorang pembimbing dari ustad/ustadzah (al-hafidz/al-hafidzah).
  6. Minimal sudah pernah khatam Al-Qur’an 20 kali (dengan membaca setiap ayat 5 kali).
  7. Konsisten menggunakan satu jenis mushaf al-qur’an (al-qur’an pojok).
  8. Konsisten menggunakan pensil/bolpen/stabilo sebagai pembantu.
  9. Memahami ayat yang akan dihafal

Ada tiga tahap utama yang harus dilakukan seorang penghafal Al-Qur’an, yaitu:

  1. Persiapan (isti’dad)
    Kewajiban utama penghafal al-qur’an adalah harus menghafalkan setiap harinya minimal satu halaman dengan tepat dan benar dengan memilih waktu yang tepat untuk menghafal. Contohnya:

    1. Sebelum tidur malam, lakukan persiapan terlebih dahulu dengan membaca dan menghafal satu halaman secara cepat (jangan langsung dihafal secara mendalam).
    2. Setelah bangun tidur hafalkan satu halaman tersebut dengan hafalan yang mendalam dengan tenang lagi konsentrasi.
    3. Ulangi terus hafalan tersebut (satu halaman) sampai benar-benar hafal diluar kepala.
  2. Pengesahan (tashih/setor)
    Setelah melakukan persiapan secara matang dengan selalu mengingat-ingat suatu halaman tertentu, berikutnya tashihkan (setorkan) hafalan kita kepada ustad/ustadzah. Setiap kesalahan yang telah ditunjukkan oleh ustad, lakukan hal-hal berikut:

    1. Berikan tanda kesalahan dengan mencatatnya (dibawah atau diatas huruf yang lupa)
    2. Ulangi setoran sampai dianggap benar oleh ustad.
    3. Bersabarlah untuk tidak menambah materi dan hafalan baru kecuali materi dan hafalan lama benar-benar sudah dikuasai dan disahkan.
  3. Pengulangan (muroja’ah/penjagaan)
    Setelah setor, jangan meninggalkan tempat (majelis) untuk pulang sebelum hafalan yang telah disetorkan diulangi lagi beberapa kali terlebih dahulu (sesuai dengan anjuran ustad/ustadzah) sampai ustad benar-benar mengijinkan kita untuk pulang.

Memang luar biasa perjuangan seorang penghafal Al-Qur’an. Wajarlah jika Allah menjanjikan pahala besar bagi siapapun yang sanggup menghafalkan Al-Qur’an. Semoga tips di atas bisa membantu kita untuk menghafalkan kitab suci kita tercinta. Wallahu’alam bisshawab.

alhamdulillahirabbilalamin

Referensi:

  1. Mudhawi Ma’arif.
  2. Sebuah web yang enggan dicantumkan namanya.

Baca Juga:

Segala yang benar di blog ini datang dari Allah SWT. Segala yang salah di blog ini datang dari penulis. Penulis tak lebih dari sekedar fans Rasulullah SAW yang tertatih-tatih mengikuti jejak langkahnya dan merintih memohon syafa'atnya kelak..

90 Responses to “Tips Menghafal Al-Qur’an”

Comments (90)
  1. ustadz..mau nanya nich! adakah syarat-syarat khusus yang mesti dipunyai oleh seseorang yang mau menghagal alqur’an?? mohon jawabannya ustadz…jazakallahkhair…!

    • Jazakallah. :-) mohon maaf, sebenernya saya bukanlah seorang yang ahli agama, apalagi seorang ustadz :-) Namun, sepengetahuan saya, tidak ada syarat khusus untuk menghafal Al-Qur’an selain konsistensi, keteguhan hati, keimanan yang kuat, dan niat yang ikhlas. Jika saya menemukan artikel yang lebih lengkap, insya Allah akan saya share juga di web ini. Terimakasih atas masukannya. Jazakallah.

    • jika saya boleh menjawab;
      syarat syarat nya :harus berniat untk menghafal al qur’an,membaca harus dengan tajwid dan makhraj yang benar ,didalam pikiran tidak ada masalah apapun ,Insyaallah akan menjadi penghafal al qur’an yang berilmu!

    • Kalau boleh nambahin..
      Disamping niat yang ikhlas, juga menjaga diri dari kemaksiatan kepada Allah Azza wa Jalla. Sebagaimana Imam Asy Syafi’i rohimallahpernah mengadukan buruknya hafalan kepada gurunya, Imam Waqi’ rohimallah. Lalu Imam Waqi’ rohimallah menyarankan untuk tidak bermaksiat kepada Allah.
      (Padahal kala itu Imam Asy Syafi’i rohimallah tidak sengaja melihat aurot orang lain)

  2. Ijin share tadz. Sangat bermanfaat tips nya.

  3. yuk mari kita ciptakan generasi qurani

  4. afwan..kalw boleh ikut coment…….Imam Ali bin Abil ‘Izzi Al-Hanafi rohimahulloh berkata: “Barangsiapa berbicara tanpa ilmu, maka sesungguhnya dia hanyalah mengikuti hawa-nafsunya, dan Allah telah berfirman:
    وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنِ اتَّبَعَ هَوَاهُ بِغَيْرِ هُدًى مِّنَ اللهِ
    Dan siapakah yang lebih sesat dari pada orang yang mengikuti hawa nafsunya dengan tidak mendapat petunjuk dari Allah sedikitpun (Al-Qashshash:50)” (Kitab Minhah Ilahiyah Fii Tahdzib Syarh Ath-Thahawiyah, hal: 393) :-)

    • Tergantung ayat tersebut masuknya kemana. Kalau ayat tersebut di pergunakan untuk menyerang orang muslim yang sudah menyampaikan kebenaran dengan kejujuran, bagaimana?
      Di balik pertanyaannya, siapakah yang sesat pengikut hawa nafsu? Orang yang menyampaikan kebenaran dengan jujur dan tidak di ada2kan atau orang yang menggunakan ayat tersebut agar kebenaran tersebut tidak terucap/tersampaikan? Mungkin di sini di perlukan penggunanaan akal yang sehat yang sudah Allah wahyukan di dalam Al-Qur’an berulang2 x, untuk membedakan, manakah seorang Islam atau seorang munafik/pengikut setan/setan/sebagsanya.

  5. masya allah…. saya sangat terkesan sekali membaca artikel2 bapak… dan ketika melihat profil bapak, saya juga kagum dan mungkin merasakan hal yang sama dengan bapak… ingin menjadi yang lebih baik… semoga tetap istiqomah dijalan-NYA…. perkenalkan saya diah, D3 t.sipil UGM… salam ukhuwah pak… semangattt menghafal…..
    :-)

  6. Ustadz…Bagaimana kalau menghafal alqur’n tanpa setor ?

    • :-) yang pertama saya bukan ustadz, hanya muslim biasa. Namun, setahu saya dari pengalaman rekan2, Al-Qur’an sulit dihafalkan tanpa setor, karena setiap orang perlu motivasi yang kuat untuk menghafal Al-Qur’an, dan setor tersebut adalah salah satu dukungan motivasi dari orang lain. Selain itu, seseorang akan sulit mengetahui apakah bacaannya salah atau benar tanpa ada koreksi dari orang lain. Wallahu’alam bisshawab.

  7. ustaz! hehe. terima kasih :)

  8. ass,, akhi td sya bca cra mnghapal al-qur’an, disitu trtulis bhwa kita hrus khatam al-qur’an mnimal 20 kali
    nah yg ingin sya tnyakan bgai mna cra untuk penghafal yang pemula seperti saya, (Y)

  9. assalamualaikum ustadz…. mau nanya…… gmana sich caranya byar hafalan saya dapt lancar.
    usaha n doa tlh q lakoni,ampe nangis2 tapi te2p ja q ga bisa lancar,,,,adakah solusi untuk q
    terima kasih :-(

  10. jazakallah khairan katsiran akhi ilmunya… :-)

  11. terima kasih atas infonya, bikin adem di hati n pikiran kalo abis baca ^_^

  12. Terimakasih…. Infonya… membantu banget… bikin tambah adem aja nih hati…

  13. pengalaman saya ketika saya akan menghafal alquran adalah : 1. niat dan doa. 2. mulai menghafal dari juz 30. krn juz 30 adalah juz yang memiliki surat2 pendek. 3. menghafal setelah bangun tidur. 4. berusaha meminimalisir dosa. 5. mengulang-ulang surat yang akan saya hafalan sebelum menghafal na bil goib [max sampai lancar].
    semoga membantu

  14. :-D assalamu’alaikum warohmatullohiwabarokatuh!
    ustad thenk’s for all

  15. ustadz boleh tanya? klo ingin menghafal pasti banyak rintangn x pha ge nafsu gi mana spya terhindar dari itu

  16. uztadz,,klu sy itu stiap sdah hafal beberapa ayat,,lalu menghafalkan lagi nti ayat2 zg sdah dihafal itu mudah hilang`a,,
    gmna cra`a agr mudah teringat uzt?

    • untuk menjaga hafalan kita. kita garus memuraja’ah.. atau mengulang hafalan yg telah kita hafal,

  17. ustadz…gMn,Cara untuk kita agar tidak selalu menjadi pendiam!

    :-(

  18. klo sesama suami istri saling menghafal gmn? sm2 belajar menghafal al quran, suami menyimak hafalan istri begitu sebaliknya. bolehkah? dg kata lain tdk setor ke ustad/ustadah
    trims

  19. subhanallah mantaps gan,

    semoga kita semua di lindungi oleh Allah SWT..
    amiienn

  20. assalam,, dosa ngg , kalw hapis ngapal kemudian lupa lagi

  21. afwan mau tny bagaimana menjaga hafalan agar tdk terpengaruh dg hal2 yg ntinya merusak hafalan , apalagi dg kondisi saat ini. kalau iman syafi’i saja hnya melihat betis wanita saja sudah hilang separuh hafalannya,kl skarng bkn lg betis tp semuanya milai dari atas sampai bawh kelihatan semuanya?

  22. askum akhi gmana sih menghapal itu spaya cpat n gak mdah ilang hapalan nya ni mamang sih iman kan slalu naik turun trims ya akhi

  23. trimakasih atas tipsnya….saya sampai menangis membacanya……….karena say ingin sekali hafal al qu’ann sperti ayah saya, kakak saya, dan adek-aedek saya…………………karena banyak kendala yang saya belum bisa mengendalikannya saya jadi belum bisa menambahkan hafalan saya!!!!

  24. ass,,
    ustad mw nanya neh gimana caranya klo hafalan kita tidak mudah hilang???
    terimakasih…..
    wass,,,╰☆╮

  25. ustadz apakah menghafal Al-Qur’an itu sulit?

  26. syukron atas ilmunya… ana tag ya di blog ana….. :-)

  27. afwan minta ijin untuk share :-) (Y)

  28. Assalamualaikum wr wb.,

    Tambahan informasi untuk yang berminat menghafal Al Quran , silahkan
    berkunjung ke http://www.lintassahabatalquran.com

    Insya Allah bermanfaat.

    Salam
    LSA

  29. ass…. wr,wb
    mau nanya , bagaimana caranya supaya hafalan kita tetap terjaga… karena, sy kalau menghafal cepat dihafal tp cepat juga dilupa… mohon tipsnya,… syukran.. :)

  30. Semoga allah memberkahi kita semua

    • syukron tipsnya….
      satu hal, tertulis sehari menghapal 2 halaman, 1 setelah subuh dam satu setelah ‘asyar. Apakah ada tips tersendiri dalam merekam halam tersebut kedalam memori kita? karena bagi saya beratttt sekali, untuk menghapalkan 1 halaman tersebut, sulit sekali menempel.

      Mohon tipsnya bagi yang sudah memulai menghapal atau yang sudah hafal, atau yang tau ilmunya :)

      terima kasih.
      semoga allah membalas kebaikan saudara.

  31. mohon izin utk d share

  32. subhanallah…..syukran atas tipsnya,,,sungguh sangat luar biasa hebatnya,,,semoga Allah memberkahi ustad,,Amin

  33. ana izin copas ya ustadz…. (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y)

  34. trima kAsih masih bAnyak yAng peduli pada iSlam. moga manfaat (L)

  35. asalamualaikum ustd aku mau minta saran.
    ustad,aku di rumah punya tahfiz quran anak2 alhamdulilah sekarang mereka udah hapal 5 surat yasin,kahfi,wakiah arohman dan tabarok dan kesemuanya itu dari anak2 yatim.
    yg saya ingin tanyakan,gimana caranya anak2 tsb bisa lebih cepat lagi hafalanya dan lebih giat lagi belajarnya.
    syukron atas jawabannya.

  36. pak ustad,,saya mau nanya nih,,,, gmana cara melawan hawa nafsu kita,, sedangkan nafsu itu saya suka, seperti: main Ps,OL n tidur.. makasih pak sebelum.a.. wassalamualaikum wr.wb..

  37. yang penting niatnya ikhlas lillahi ta’ala dan selalu istiqomah.. dan jangan pengin buru-buru cepat hafal semua… alhamdulillah ana udah sampai juz ke 8…. caranya tiap hari menghafal 2-3 ayat… jangan terlalu diforsir harus cepat hafal tiap sholat sunnah digunakan dengan cara membacanya sebagai pengganti bacaan surat2 p3ndek… bila terjadi kesalahan dan lupa jangan berkecil hati… dibuka lagi mushofnya dan dicari dibagian mana yang telah lupa…. yang penting tahu artinya apa yang kita baca per lafadznhya.. digramedia banyak buku al quran terjemahan secara lafdziah sehingga memudahkan kita menghafal al quran….

  38. Semoga kita semua termasuk orang yang mau mengamalkan Al quran dan berprilaku seperti Qur’an. Amin

  39. affwan ust….
    saya mau nanya biar bisa mempermudah hafalan quran biar cepat gimana yak.??
    saya kan baru masuk pondok(takqosus) jadi susah banget hafalin al quran
    saya aja ngapalin at toriq seminggu ust
    tolong bantu saya
    jazzakumullah
    ;-( ;-( ;-(

  40. ولقد يسرنا القران للذكر فهل من مدكر insyaAllah mudah

  41. assalaamu’alaikum wr wb
    yaa akhii’l khoir
    saya mau minta pendapat nih..
    haadza toriiqoh ( cara ini ) hebat bener…
    terima kasih yang amat sangat ^^
    tapi dari segi tersebut saya ingin tanya :
    1. apa benar puasa, membaca alqur’an, dan siwak (gosok gigi) membantu dalam mempercepat hafalan alqur’an?
    2. Bisa diterangkan cara yang lebih lanjut tentang cara menghafal alqur’an? cara yang membaca 20 kali memang berhasil.. tapi yg dimaksud menghafal itu bagaimana? apakah harus diulang2 atau memakai cara seperti mnemonic memory atau sebagainya?

    Terimakasih atas kesediaanya untuk membalas dan mohon maaf kalo menyinggung ^^
    Wassalaamu’alaikum wr wb

  42. siiiiiiiiiiiiiipppppppp

  43. Mohon doanya ya, saya ingin sekali menghafal Kalamullah … ^^

  44. jazakumullah yah ustadz,tips buat mnghfl al-qura’an’a…insya allah..yg bca nie smua niat amal…untuk kta mnjdi hafidz-hafidzah alquranulkariiimmm…..8)thanks…

  45. saya di sekolah harus menghafal surat An-Nazi’at, tapi saya tidak terlalu hafal. dan di eri waktu hanya beberaa hari saja.

  46. syukron atz sarannya moga q dpt mnghfal al qur’an dg baik,lncar.mhon do’anya………

  47. Ya Allah….
    Permudahlah hafalan Q
    Amieeen…

  48. Subhanallah..
    Sangat Membantu..
    Syukran :)
    Dan Saya Mohon Do’anya.. Besok Akan Wisuda Hafalan 1 Juz..yang akan Diselenggarakan Di Masjid Al-Manar, Jatinagara. Insya Allah,,
    Mhon Do’a atas keLancarannya.

  49. Gan bs gak tampilin murottal syeikh said al ghamdy (30 juz)… Tp yg gratisan y! Hee

  50. assalamualaikum
    ustadz saya mau tnya?
    ktika kta dlm proses pmbelajaran mnghafal al quran kmudian kta sdang ada hlangan,gimana carany supaya kta msih ttap bisa menghfal ..
    apakh boleh kita mmegang al quran itu..? :-)

  51. assalamualaikum ustad,, sy merasa banyak dosa, apa pantas sy ingin menghafal alquran..??

  52. saya coba mas,terimakasih.
    :-)

  53. afwan ea
    gmn sih cara cepat menghfal al_quran dan tidak mudah lupa

  54. kalau boleh saya tambahkan ,setelah kita hafal gunakanlah untuk bacaan sholat terutama sholat sunah insya alloh barokah..
    (Y)

  55. Syukron tipsnya.. semoga beranfaat :)

  56. terimakasih….
    saya sebagai orang yang baru-baru ini belajar agama dan al-Qur’an masih sedikit sulit untuk menghapal, dan saya termasuk orang yang rajin bermaksiat…
    bagaimana harusnya…?
    ;-(

  57. dari pngalaman saya,
    sprtinya istiqamah itu yg berat…

  58. Assalamu’alaykum. syukron, InsyaAllah membantu.

  59. Trim atas informasinya….izin copas (Y) :-D

  60. (Y) thanks atas tipsnya… :D

  61. (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) (Y) sukron sukron (L) :-) :-D :-D :-P (H) (*)

  62. terima kasih atas ilmunya,,semoga kita semua menjadi hamba Allah SWT yang selalu diselamatkan olehNYA,,,,amiin :-)

  63. Subhanallah, sungguh menyenangkan sekali apabila bisa bisa menghafal Al-Qur’an ,
    tetap berjuang ! ;-) ;-) ;-) ;-) ;-)
    kunjungi balik silabusrppberkarakter.wordpress.com thankiess :D

  64. ustad,assalamu’alaikum
    afWan, saya mau tanya ! Bagaimna Cara menjaga Hafalan Kita Kalo Disekitar kita banyak godaAnnya ….
    sukronn
    assalamu’alaikum

  65. Subhanallah….
    afwan ana mo nnyak….agar hafalan tetap dalam ingatan….apa yang harus dilakukan selain murojaah? :-)

  66. siip…siip…
    syukron atas tips-tipsnya…. ;-)

  67. Ust saya ingin bertanya knpa stiap menghapal kita slalu jenuh …..
    sukhron :-) :-)

Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by: Wordpress | IdWebHost.com |
FreeWebSubmission.com| | ASR Technology |
© 2010 cara-muhammad.com
| Home | Hubungi kami |
Suffusion theme by Sayontan Sinha

Wordpress Seo Plugin