bismillahirrahmanirrahim

Salah satu amal yang tidak pernah terputus pahalanya sekalipun kita telah meninggalkan dunia ini adalah “anak yang sholeh/sholehah”. Doa anak yang sholeh juga merupakan salah satu doa yang insya Allah dikabulkan oleh-Nya. Bagaimana cara untuk mendidik anak kita menjadi anak yang sholeh? Didiklah ia dengan cara yang islami, seperti beberapa tips berikut ini:

  1. Biasakan anak kita bangun pada waktu shubuh. Contoh: sejak usia dini, ajaklah ia sholat shubuh bersama atau berjamaah di mesjid.
  2. Berikan ia lingkungan pergaulan dan pendidikan yang islami. Contoh: sejak dini ikutkan anak kita dalam TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an), mengikuti kursus di mesjid, dsb.
  3. Berikan teladan, bukan hanya perintah yang egois. Contoh: jangan hanya menyuruh ia belajar mengaji atau sholat, namun kita sendiri tidak melakukannya.
  4. Ajak anak kita untuk mengunjungi mesijd secara rutin. Contoh: secara rutin, ajaklah anak kita untuk berjamaah di mesjid.
  5. Perkenalkan batasan aurat sejak dini. Contoh: jika sejak dini kita biasakan anak perempuan kita menggunakan jilbab, maka saat dewasa ia justru akan merasa tidak nyaman jika memperlihatkan auratnya.
  6. Biasakan anak kita untuk selalu membawa perlengkapan sholat, terutama untuk anak perempuan.
  7. Minimalkan anak kita dalam mendengar musik-musik non islami. Sebaliknya, maksimalkan anak kita untuk mendengar ayat-ayat Al-Qur’an atau nasyid.
  8. Buatlah jadwal menonton TV dan dampingi anak ketika menonton. Jauhkan anak dari tontonan yang tidak mengandung unsur pendidikan, seperti: sinetron, film horor, film cengeng, dan lain-lain.
  9. Ajarkan nilai-nilai Islam secara langsung. Sampaikan nilai-nilai Islam yang kita kuasai kepada anak kita. Akan lebih baik jika dalam bentuk cerita yang menarik.
  10. Jadilah sahabat setia baginya. Jadikan ia nyaman untuk menjadikan kita tempat curhat yang utama sehingga kita akan selalu mengetahui masalahnya.
  11. Ciptakan suasana hangat dan harmonis dalam keluarga. Jika keluarga tidak lagi terasa hangat baginya, anak akan mencari pelampiasan di tempat lain.
  12. Lakukan semua tips di atas dengan bijak, sabar dan konsisten. Jangan pernah menggunakan kekerasan dan hindari sikap emosional yang dapat membuatnya sakit hati.

Semoga tips-tips ini dapat membantu kita menjadi orang tua yang baik bagi anak kita dan mengajaknya bersama-sama masuk ke dalam surga-Nya yang kekal. Amin.

alhamdulillahirabbilalaminReferensi:

  1. “Jika seorang manusia meninggal dunia, maka terputuslah seluruh amalannya, kecuali dari tiga perkara: sedekah jariyah (yang mengalir pahalanya), ilmu yang dimanfaatkan, dan anak shaleh yang mendo’akan kebaikan baginya“. [HR. Muslim dalam Kitab Al-Washiyyah (4199)]
  2. http://auliyaa.blogdetik.com/2008/12/01/kiat-mendidik-anak-agar-sholeh-sholehah

Baca Juga:

Segala yang benar di blog ini datang dari Allah SWT. Segala yang salah di blog ini datang dari penulis. Penulis tak lebih dari sekedar fans Rasulullah SAW yang tertatih-tatih mengikuti jejak langkahnya dan merintih memohon syafa'atnya kelak..

22 Responses to “Tips Mendidik Anak”

Comments (20) Pingbacks (2)
  1. Jazakumullah.. sudah mencantum kan url saya…

    :-)

  2. Kunjungan balik nich bang… makasih udah kasih komen di blog aku. btw.. blognya isinya komplit nih. jadi banyak tahu tentang idolaku. :)

  3. Alhamdulillah, penyejuk baru buat saya sekeluarga membentuk keluarga yang Islami, Insya Allah, sekecil apapun, ayat-ayat Allah dan Hadist Rasulullah SAW itu PASTI bermanfaat.

  4. Subehanallah sangat bermanfaat sekali tulisannya…. sudah banyak sekli judul yg ana baca di artikel2 saudaraku ini…. smg semuanya cepat selesai aq baca… tinggal dikit lg…. salam ukhuwah… :-)

  5. subhanallah…insya Allah bermanfaat..sangat bermanfaat…syukronn…^_^

  6. :-) subhanallah…insya Allah bermanfaat..sangat bermanfaat…syukronn…^_^

  7. :-) subhanallah…insya Allah bermanfaat..sangat bermanfaat…syukronn katsiron…^_^

  8. ALkhamduLIlaH ..
    SangaT bermanFaaT ..
    JazzaKaLLahu Khairan ..

  9. alhamdulillah ad mannfaat bagi khidupan ana TQ

  10. SubhanaAlloh….izin share

  11. terima kasih sudah membantu saya menemukan cara hidup yang benar untuk menuju akhirat,,, semoga bermanfaat selalu amin……

  12. terima kasih atas ilmunya semoga ilmu anda semakin bertambah amin !

  13. subhanallah, terima kasih sudah sharing :D

  14. subhanallah…tips yang bermanfaat ni…izin sharing dengan yang lain ya….makasih :-)

  15. andaikan smua orangtua muslim melakukan tips ini betapa indah adanya. Thanks

  16. syukron katsiron…..smoga s makin berpotens (Y)

  17. Jazakumullah, ada newsletternya tidak … sepertinya sudah saatnya membuat forum fun rasulullah dengan apliksi di luar dunia maya ya …

Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by: Wordpress | IdWebHost.com |
FreeWebSubmission.com| | ASR Technology |
© 2010 cara-muhammad.com
| Home | Hubungi kami |
Suffusion theme by Sayontan Sinha

wp