bismillahirrahmanirrahim

Adakah manusia yang mampu mengubah kekufuran menjadi keimanan, kemusyrikan menjadi ketauhidan, dan kemaksiatan menjadi ketaatan dalam suatu negara besar hanya dalam waktu 23 tahun? Ya, Rasulullah SAW telah membuktikannya. Beliau mampu melakukan itu dengan kepemimpinan yang luar biasa. Berikut adalah ciri kepemimpinan Rasulullah SAW yang luar biasa:

  1. Beliau memiliki sifat-sifat yang mulia sejak usia dini. Baca Sifat Rasulullah SAW
  2. Beliau selalu menjadi teladan hidup bagi orang-orang di sekitarnya sejak masih kecil
  3. Beliau selalu bertindak sesuai perintah Allah SWT
  4. Dalam hal-hal yang tidak diatur Allah SWT secara langsung, beliau selalu bermusyawarah dengan para sahabat
  5. Beliau mampu menyelesaikan segala perbedaan pendapat dengan bijaksana
  6. Beliau selalu menghormati semua pendapat yang disampaikan kepadanya
  7. Beliau selalu bersama rakyatnya dan sangat memahami perasaan rakyatnya
  8. Jika rakyatnya menderita, beliaulah yang paling merasakan penderitaan itu
  9. Beliau sangat menginginkan rakyatnya sejahtera dan bahagia
  10. Beliau pengasih dan penyayang pada rakyatnya.
  11. Beliau tidak hanya memberi arahan atau membimbing dari balik meja, namun juga terjun langsung ke lapangan
  12. Beliau aktif mengatur strategi dan taktik perjuangan, baik dalam peperangan maupun ketika damai
  13. Kata-kata beliau selalu konsisten. Tidak ada perbedaan antara kata dan perbuatan
  14. Sebelum mengajarkan sesuatu, beliau melakukannya lebih dahulu
  15. Beliau tidak hanya berbicara dengan kata-kata, tapi juga dengan perbuatan dan keteladanan
  16. Beliau disiplin dan adil dalam menegakkan hukum, tanpa pandang bulu
  17. Beliau sangat tegas pada orang yang melanggar hukum Allah, namun sangat lembut dan memaafkan bila ada kesalahan yang menyangkut dirinya sendiri
  18. Keagungan sifat beliau membuat orang lain siap mengorbankan semua milik mereka untuk beliau
  19. Beliau sangat gagah dan pemberani
  20. Beliau memiliki kontrol diri yang penuh atas dirinya sendiri dalam segala situasi
  21. Beliau selalu tenang, percaya diri, dan tidak pernah panik
  22. Beliau tidak pernah menggerutu atau mengeluh dalam kondisi tertekan sekalipun
  23. Beliau selalu memperlakukan lawannya dengan tingkah laku yang terbaik
  24. Beliau selalu memperlakukan orang dengan adil dan jujur

alhamdulillahirabbilalamin

Referensi:

  1. “Sesungguhnya telah datang kepadamu seorang rasul dari kaummu sendiri, berat terasa olehnya penderitaanmu, sangat menginginkan (keimanan dan keselamatan) bagimu, amat belas kasihan lagi penyayang terhadap orang-orang mukmin.” (At-Taubah: 128)
  2. “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung.” (Al-Qalam:4)
  3. “Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka akan menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu ma’afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawarahlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya.” (Ali Imran: 159)
  4. Afzalur Rahman 2002:73-97
  5. http://www.docstoc.com/docs/25217754/Kepemimpinan-Rasulullah-SAW
  6. http://www.facebook.com/topic.php?uid=88379852270&topic=8990

Baca Juga:

Segala yang benar di blog ini datang dari Allah SWT. Segala yang salah di blog ini datang dari penulis. Penulis tak lebih dari sekedar fans Rasulullah SAW yang tertatih-tatih mengikuti jejak langkahnya dan merintih memohon syafa'atnya kelak..

11 Responses to “Kepemimpinan Rasulullah SAW”

Comments (10) Pingbacks (1)
  1. kepemimpinan ala rosululloh SAW..memang patut menjadi tauladan bagi seluruh umatnya,,,lantas apakah umat manusia yg kesekian banyaknya,,dapat mencontoh keseluruhan dari kepemimpinan Rosululloh SAW???dengan zaman yang sangat dahsyat..godaan,ujian,kemaksiatan,moral yang buruk kini merajalela???
    apa yang harus kita lakukan???? (*) (*)

  2. ana juga salah satu umat Rosululloh SAW yg selalu ingin ittiba’ Rosululloh SAW..bagaimna cara untuk selalu bisa menjadi insan idaman Alloh???

  3. Asalamualaikum wr.wb, maaf aku izin copas ya.. untuk note fb ku…., sumber akan tetap aku cantumkan… ^_^, terima kasih.. :)

  4. Alhamdulillah ..
    terima kasih atas ilmu nya !!
    smoga kita bisa meneladani sifat rasul ..

  5. SUBHANALLAH, SEMOGA SIAPAPUN MUSLIM YANG MENJADI PEMIMPIN DI NEGERI INI DAPAT MENTELADANI CARA RASULULLAH MEMIMPIN UMAT…..

  6. Subhanallah,,Sungguh mulia Rasulullah S.A.W dengan sifat – siat mulia ny..Apabila pemimpin di Indonesia ini bisa bercermin dari ciri – ciri kepemimpinan Rasulullah ini tentu :
    -tidak akan sengsara masyarakat Indonesia kita ini,
    -tidak akan kita temukan yang namanya KKN,
    -tidak akan kita temukan namanya Hukum yang hanya akan sangat tajam ketika berhadapan dgn rakyat kecil dan akan berubah sangat tumpul apabila berhadapan dengan orang – orang besar di negeri ini
    -hukum akan ditegakan dengan seadil – adilnya

    Walaupun begitu apabila pemerintahan kita yang sekarang ini tidak bisa meneladani ciri – ciri kepemimpinan Rasulullah S.A.W, biar lah kita nantinya sebagai generasi penerus yang akan melanjutkan tata cara kepemimpinan Rasulullah S.A.W.amin
    Semoga kita semua senantiasa diberikan petunjuk oleh Allah S. W. T dan menjadi umat yang nantinya akan diberi syafaat oleh Rasulullah S. A.W

  7. Sudah 66 Tahun kita Merdeka. Dari Pemimpin yg satu ke pemimpin yg lainnya, bahkan ada yg memimpin negara Republik Indonesia yg kita cintai ini selama 32 Tahun. Tetapi apa yg didapat sebagian besar rakyat Indonesia? Kesejahteraan? Kemakmuran? Kedamaian? itu semua semakin jauh dari harapan sampai sekarang. Maka sosok pemimpin manakah yg harus kita ikuti? Adakah manusia yang mampu mengubah kekufuran menjadi keimanan, kemusyrikan menjadi ketauhidan, dan kemaksiatan menjadi ketaatan dalam suatu negara besar hanya dalam waktu 23 tahun? Ya, Rasulullah SAW telah membuktikannya. Beliau mampu melakukan itu dengan kepemimpinan yang luar biasa. Oleh karena itu… Wahai!!! Penguasa, Teladanilah Kepempinan Rasulullah, Insya Allah negara ini akan menjadi negeri yg Baldatun Toyyidatun wa Rabbun Ghofur, Gemah Ripah loh Jinawi. Amin….

  8. Mohon ijin pencerahan soal ayat “ini, sebagian kecil aja dl, nanti kl ada tanggapan baru ane tanya lg gan ;

    Sahih Al Bukhari, Hadith 161:2
    Aku juga melihat api neraka dan belum pernah kulihat pemandangan yang sangat mengerikan seperti itu. Aku melihat bahwa kebanyakan penghuninya adalah perempuan”. Orang-orang bertanya, “Wahai Rasul Allah! Mengapakah demikian?” nabi menjawab, “karena mereka tidak berterima-kasih”. Ia ditanyai apakah mereka tidak berterima-kasih kepada Allah. Nabi menjawab, “Mereka tidak berterima-kasih kepada teman hidupnya (para suami) dan tidak bersyukur atas perbuatanperbuatan baik”.

    Sura 53: 19-20
    Maka apakah patut kamu (hai orang-orang musyrik) mengaggap al Lata dan al Uzza,
    dan Manah yang ketiga, yang paling terkemudian (sebagai anak perempuan Allah)?

    Sura 47 : 4

    Apabila kamu bertemu dengan orang-orang kafir (di medan perang) maka pancunglah batang leher mereka. Sehingga apabila kamu telah mengalahkan mereka maka tawanlah mereka dan sesudah itu kamu boleh membebaskan mereka atau menerima tebusan sampai perang berakhir. Demikianlah apabila Allah menghendaki niscaya Allah akan membinasakan mereka tetapi Allah hendak menguji sebahagian kamu dengan sebahagian yang lain. Dan orang-orang yang syahid pada jalan Allah, Allah tidak akan menyia-nyiakan amal mereka.

    Sahih Al-Bukhari, Hadith 121:7.

    “Jika seorang pria mengajak istrinya untuk tidur dengannya dan ia menolak untuk datang kepadanya, maka para malaikat akan mengirim kutuk padanya hingga pagi hari”.

    Ibid., Hadith 1:28, 2:161, 2:541, 4:464, 7:124, 7:125, 7:126, 8:555.
    Nabi berkata, “Aku melihat ke surga dan menemukan bahwa kebanyakan penghuninya adalah orang miskin, dan aku melihat ke dalam api (neraka) dan menemukan bahwa kebanyakan penghuninya adalah perempuan”.

    Sunan Abu-Dawood, Hadith 876 diceritakan oleh Qays ibn Sa’d

    “Jika aku harus memerintahkan seseorang untuk bersujud di hadapan sesamanya, aku akan memerintahkan perempuan untuk bersujud di hadapan suaminya, karena hak istimewa atas mereka diberikan kepada para suami oleh Allah”.

    Sura 8:12

    (Ingatlah), ketika Tuhanmu mewahyukan kepada para malaikat: “Sesungguhnya Aku bersama kamu, maka teguhkan (pendirian) orang-orang yang telah beriman”. Kelak akan Aku jatuhkan rasa ketakutan ke dalam hati orang-orang kafir, maka penggallah kepala mereka dan pancunglah tiap-tiap ujung jari mereka

    Sahih, Al-Tirmidhi, Hadith 959

    “Ketika seorang pria memanggil istrinya untuk memuaskan hasratnya maka ia harus pergi kepadanya sekalipun ia sedang sibuk di depan oven”

  9. Alhamdulilah kita masih diberi hidayah lewat Allah dengan selalu melaksanakan perintah dan menjayhi larangan Nya. Amin

  10. subhanallah… Rosulullah memang dahsyaat ! :)
    tidak ada pemimpin sekarang yang seperti beliau

Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by: Wordpress | IdWebHost.com |
FreeWebSubmission.com| | ASR Technology |
© 2010 cara-muhammad.com
| Home | Hubungi kami |
Suffusion theme by Sayontan Sinha

Wordpress Seo Plugin