bismillahirrahmanirrahim

Haji, rukun islam kelima kita, adalah salah satu ibadah yang menjadi impian banyak muslim. Ibadah yang begitu membekas dan bermakna bagi mukmin yang bersungguh-sungguh menjalankannya. Nilai pahalanya pun juga luar biasa besar di sisi Allah. Wajar jika tidak semua orang mampu segera melaksanakannya. Berikut adalah tips-tips agar insya Allah dapat segera naik haji berdasarkan beberapa sumber dari ustadz kita.

  1. Berniat kuat (ber-azzam) untuk melaksanakan haji. Azzam berarti kebulatan tekad, tidak hanya sekedar niat yang diucapkan di mulut atau ‘numpang’ lewat di pikiran atau hati saja.
  2. Pelajari cara-cara melakukan ibadah haji (manasik haji). Pengetahuan yang benar akan memperkuat niat dan keinginan kita untuk segera melaksanakannya.
  3. Perbanyak berdoa dan panjatkanlah secara rutin setiap saat, misalkan setiap selesai sholat fardhu maupun sunnah.
  4. Jangan lupa doakan selalu orang tua kita. Ingatlah bahwa anak yang sholeh sangat dicintai Allah sehingga insya Allah akan dimudahkan-Nya dalam mencapai segala keinginan kita.
  5. Selalu berbaik sangka-lah (ber-husnudzon) kepada Allah SWT. Jangan mudah putus asa. Jalanilah kehidupan dengan sabar dan yakinlah bahwa Allah SWT akan selalu memberikan pertolongan
  6. Mulailah menabung sekarang juga, berapapun juga! Buktikan pada Allah SWT bahwa kita bersungguh-sungguh ingin menjalankan perintahnya. Insya Allah, Allah SWT akan menolong kita dari arah yang tak terduga. Gunakan jasa tabungan haji di bank Syariah atau lembaga haji lainnya. Pilihlah tabungan haji yang tidak mudah dicairkan dan memiliki target minimum pendaftaran haji, agar niat kita terjaga.
  7. Perbanyaklah beramal. Jangan hanya menabung di bank syariah, tapi ‘tabunglah’ amal kita kepada anak-anak yatim, fakir miskin, baitul mal, gelandangan dan mesjid-mesjid.
  8. Jalankanlah sebaik mungkin segala perintah-Nya dalam Islam dan jauhi maksiat. Jika kita meminta sesuatu pada seseorang, kita akan berusaha menyenangkannya, bukan? Begitu juga jika kita meminta sesuatu pada Allah SWT, kita harus menyenangkan-Nya dengan menjalankan apa yang disukai-Nya dan menjauhi segala yang dibenci-Nya.

Semoga kita dimudahkan-Nya untuk melaksanakan ibadah haji dan mampu mendapatkan gelar haji mabrur. Gelar yang akan selalu kita sandang di dunia dan di akhirat. Amin yaa rabbal ‘alamiin.

alhamdulillahirabbilalaminReferensi:

  1. “Berdoa itu bermanfaat bagi sesuatu yang sudah terjadi maupun yang belum terjadi. Maka hendaklah kalian banyak berdoa.” (al Hadits)
  2. Rasulullah SAW bersabda, “tidak ada satu doa pun yang dipanjatkan kecuali ia menjadi simpanan kebaikan bagi yang berdoa.”
  3. http://sya2.multiply.com/journal/item/41/Tips_Agar_bisa_segera_Naik_Haji
  4. http://umrohnaikhaji.blogspot.com/2010/07/tips-ustadz-yusuf-mansur-agar-bisa.html

Baca Juga:

Segala yang benar di blog ini datang dari Allah SWT. Segala yang salah di blog ini datang dari penulis. Penulis tak lebih dari sekedar fans Rasulullah SAW yang tertatih-tatih mengikuti jejak langkahnya dan merintih memohon syafa'atnya kelak..

26 Responses to “Tips Agar Segera Naik Haji”

Comments (26)
  1. Insya Allah , mudah mudahan bisa naik haji sebelum di panggil

  2. Afwan, ana izin mengcopy artikelnya ke blog

  3. syukron ya………semoga bisa saya aplikasikan, meski masih seperti angan-angan

  4. bagi yang ingin Umroh atau Haji plus, anda bisa ikutan program TTM Hamro dari PT Tirta Megah Gapura-Tegal
    info sms ke 0858 6961 9478 (farid) atau bisa klik website kami di http://homemart-tmg.com atau http://ttmhamro.blogspot.com/ :-)

  5. Ya Allah, kapan Harapan bisa naik haji ke Makkah dengan dapat hadiah, Berikanlah kami rezeki yang luas, berkah, ikhlas dan toyyib.

  6. hati saya tenang saat membacah syariat dari allah dan rusulullah saw

  7. Bismillah.. Saya berniat naik haji, tapi dana saya telah habis tertipu orang, ya Alloh berikanlah petunjuk bagi beliau sapaya bisa mengembalikan dana saya supaya bisa segera berhaji, mohon doa restu… amin…

  8. benar mas harus kita terapkan dr mulai step 1-8.
    semoga diberi jalan kemudahan agar bisa naik haji seblum meninggalkan dunia ini :)

  9. amin ya allah…

  10. tawakkaltualallah ini adalah baik

  11. YA ALLOH, SEMOGA HAMBA BISA MENJALANKAN RUKUN ISLAM YG KE LIMA INI SEGERA MUNGKIN,AMIN.

  12. ya Allah…. smoga q bsa menunaikan ibdah haji
    aamiin….

  13. Mudah – mudahan kita tergolong orang yang dimudahkan untuk Haji (tamu ALLAH) Amiin………..

  14. Berdasar referensi yg ke 2 saya yakin amiiin, smoga aku,anak dan istriku bisa melaksanakan ibadah kelima ini,makasih buat penulis smoga jadi amalmu kelak.

  15. semoga setelah membaca persyaratan di atas allah menjabah doa saya untuk memberangkatkan ibu saya naik haji,,,,
    amien,,,,

  16. Subhanalloh, semoga alloh memberikan kesempatan pada saya dan keluarga tuk menunaikan Ibadah haji…………..Terima kasih Informasinya.

  17. ingin naik haji dulu atau tertipu dulu baru ingin naik haji?

  18. ALHAMDULILLAH WASSYUKURILLAH, AAMIIN YA ROOBBI, HARAPAN HAMBAMU NAN LEMAH UNTUK MENUNAIKAN HAJI KE TANAH KELAHIRAN PENGHULU NABI KITA MUHAMMAD SAW, BERILAH YA ALLOOOOOH KESEMPATAN MEMUNAIKAN IBADAH HAJI YANG MABRUR, INSYA ALLOOH, PERKENANKANLAH YA ROHMAN YA ROHIM HARAPAN HAMBUMU INI, AAMIIN

  19. Amiiiiiiiin Ya Allah semoga Allah segera mengabulkan keinginan keluargaku berangkat ke tanah suci di tahun ini dan mohon bantuan doa dari teman-teman yang mencintaiku.
    Ya Allsh ksbulksn kami untuk berangkat umroh dan haji tahun ini Amin

  20. Ya Allah kayakanlah aku dengan ILMU~ hidupkanlah aku dengan SOPAN SANTUN~muliakanlah aku dengan TAQWA~cukupkanlah Rezekiku Naik Haji Ke Baitullah.AAmiin..

  21. aamiin yaa Allah,,, smoga Allah mengizinkan hamba, kluarga & orang2 yang hamba sayangi menginjakkan kaki di tanah suci sebelum kembali pada-Nya. aamiin yaa robbal alamiin,,,,

  22. Klo sy boleh menambahkan tipsnya yaitu dengan memperkuat fisik kita. Misal dengan olahraga rutin jalan kaki, jogging, dll. Rute perjalanan ibadah haji kan lumayan jauh dan harus ditempuh dengan jalan kaki. Udah berjuang sekuat tenaga bisa sampe mekah, gilirannya harus jalan kaki tiap hari malah jadi sakit karena fisiknya ga kuat/mudah capek, kan eman-eman (red: percuma)

  23. bagi yang ingin berhai atau umroh dengan mudah silahkan hubungi 081280402349

  24. ya ALLAH kpn sy bs menaikan haji ibu,,pdhl sy ingin sekali tetapi dana sy blm tercukupi,,eh mlh tertipu dgn orng semoga di bukaan pintu hati nya agar mau mngmbalikan uang saya..amien….

Leave a Reply

(required)

(required)

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Powered by: Wordpress | IdWebHost.com |
FreeWebSubmission.com| | ASR Technology |
© 2010 cara-muhammad.com
| Home | Hubungi kami |
Suffusion theme by Sayontan Sinha

wp